jump to navigation

PUISI


PUISI

Terbasuh Mimpi
(aghi 28 maret 2012)

Terlihat indah warna warni hari ini
Seperti tetesan embun di pagi ini
Selalu terlihat senyum manis menghiasi
Membuat hari ini menjadi lebih berarti

Walau hari berganti dan biasan cahaya terasa panas
Tak menyurutkan semangatku yang juga terbias
Menanti sang bunga mekar yang kan turun menemani
Hingga kutorehkan Tulisan ini untuknya saat disini

Tak lelah kaki ini menelusuri jalan bersamanya
Hingga senyum mengalir deras membasuh jiwa
Tawa dan ceria menemani sepanjang perjalanan
Membuat raga ini ingin terus selalu menjaganya

Hari Ini
(31 Maret 2011)

Tak lelah ku mengayuh sepeda
Menyusuri setiap sudut jalanan
Mencari dimana jatidiri bersembunyi
Semakin mencari dan terus mencari

Tak lelah ku berharap padanya
Hingga ku setia menanti tibanya hari
Berputar dan belgulirnya waktu
Tak menyurutkan niatku mendapatkanmu

Kulangkahkan kaki ini dengan penuh percaya diri
Dan kan kubuktikan semua niatku kepadamu
Kan ku genggam janjiku diatas tinta yang kugores
Hingga kau yakin padaku bahwa kau lah pilihanku

Dan Hari ini ku tetap berjuang untukmu
Dan Hari ini ku kan slalu menjagamu
Dan Hari ini tak akan lupa ku selalu ada untukmu
Dan Hari ini akan berlalu begitu saja

Wulan

(08 Maret 2011 by aghi)

Saat pertama melihatmu

Terpancar pesona dalam dirimu

Tak kuasa ku menahan semua itu

Rasa yang ada dalam hatiku


Ku coba untuk mendekatimu

Dan ku coba menggapai isi hatimu

Namun ku harus tetap menunggu

Hingga waktu itu tiba untuku


Mungkinkah ini semua

Yang tercipta untuk diriku


Mungkinkah dirimu yang aku tunggu

Dan ku berharap dan ku berdoa

Bila dirimu menjadi bagian hidupku


Penantian Ku

(29 maret 2011 by aghi)

Malam yang hening dihiasi indahnya rembulan

Angin sejuk meresapi kedalam rongga jendela

Kesepian yang tak pernah terisi

Kesepian yang selalu menemani


Hingga engkau datang menemani setiap malamku

Meski hanya lewat sebuah pesan

Membuatku selalu tersenyum

Melupakan semua kesepian


Ku menunggu angin malam menyampaikan pesan untuku

Hingga membuatku bangkit dan slalu semangat

Hadirnya dirimu dalam hidupku

Sungguh membawa kedewasaan dan harapan


Malam dan kesepian kini terkikiskan

Senyum dan bahagia kan slalu menghampiri

Menunggu dan menanti saat itu tiba

Ku kan membawamu kedalam hidupku


Hanya dirimu dengan harapanku

Hanya dirimu dengan hatiku

Hanya dirimu dengan Cintaku

Dengan Penantianku


Waktu Yang Tepat

(30 Maret 2011)

Menanti waktu yang tak kunjung tiba menbuat hati bergetar

Memetik senar senada memainkan nada

Melewati tangga lagu menghantar irama

Melantunkan indah nya kicauan suara

Memandangi langit biru yang memantulkan cahayanya

Meresap ke bumi dan memberikan warna

Menyinari setiap sudut hati yang lama membeku

Mencairkan suasana hati yang beku tertidur

Hingga terbangun dan tersadar bahwa dia ada

Nyata dan membawa semua warna itu

Melangkah dan menghampiri sosok nya

Hingga kuputuskan tuk bersama dengan nya

Kini warna itu menunggu ku menggapai nya

Kan kugapai semua itu dengan tangan suci

Dan menggenggamnya untuk selamanya

Hingga waktu itu tiba

Sesali Dirimu ..

(02 -04 – 09 by aghi)

Ketika Cinta datang

kau malah menghiraukan nya ..

Ketika Cinta ingin berlabuh

Kau tak memperdulikan nya ..

Ketika ada seseorang yang menyayangimu

kau tak pernah memberikan cintamu

Namun saat Dia pergikau baru sadar

bahwa kau telah kehilangan orang yg benar2 peduli ..

Setelah semua pergi

Hanya sesal yang kau rasa ..

Hatimu bagai racun yang menusuk

Menyiakan cinta tulus yg diberikan

Kini kau hanya bisa menangisi

apa yg tlah kau buang

Hatimu tlah membusuk

Seperti bangkai yang bernyawa  ..

Pergi pun tak ada tembat dihatimu

datang pun tak sudi diriku melihat mu

Hanya Kenistaan tempat yg pantas untukmu

Dimana Dirimu bisa Dicintai dengan Kebencian ..

Mata Ku Terbuka Untuk Sang DEWI

(4 -02 –  2009 by aghi)

Lelap terasa saat kurebahkan raga

menatap hati yang slalu gundah

bertanya pada angan di hati ini

mengapa harus terjadi semua ini

detik demi detik waktu melintas

melewati kekosongan pikiran

meraba dan mulai menyapa

setiap angan yang melintas

hati ingin tegaskan untuk berkata

namun mulut terkunci seakan mereda

menunggu waktu yang tepat untuk bicara

sampai lelap mulai terasa di jiwa

pagi pun tiba saat smua angan sirna

menatap indah nya dunia

namun kan terasa indah bila ada kau disisi

mungkin hanya bisa berharap dan terus berharap

ku mulai berjalan melintasi waktu

mulai membuka mata ku bahwa hanya ada satu cinta dihatiku

mata hatiku tertuju pada mu

senyum bahagia mu telah membukakan mataku

setelah tertutup sayu mata ini

ku mulai lagi melangkahkan kaki menyapa hari2

lelah terasa mata ini menanti

hingga saat nanti hadirmu kan tiba untukku

kau telah bukakan mataku sang DEWI

hingga kini hatiku terpahat hanya untuk mu

mataku terbuka untuk sang DEWI

hingga kau kan menjadi milikku

.. DEWI ..

Hati Ini Untuk Dewi

(10-01-2009 by aghi)

Hati ini mengapa tak sanggup menahan

Selalu terbayang dan merindukan

Mengingat akan hadirnya dirimu

Yang singgah di hati ini

Terbayang slalu sosok dirimu

Yang ramah dan memberikan warna dalam hidup ku

Selalu membuat hari-hariku terasa bahagia

Ingin rasanya hati ini tuk bisa bersamamu

Malam yang indah diterangi sinar bulan

Terbayang slalu hati mu yang indah sperti bulan

Malam semakin larut dan Hati ini pun semakin terhanyut

Hingga merasuk kedalam mimpi malam ini

Saat mentari pagi menyinari diri ini

terlintas menyapa dirimu dihadapan ku

Ingin aku memanggil mu tuk temani pagi ku

Namun kau pergi dengan senyum di hati

Mengapa sulit mengungkapkan perasaan ini

Hanya bisa memendam dalam hati ini

Ingin aku berteriak pada dirimu

Bahwa sesungguhnya aku sayang padamu

Hanya waktu yang kan menjawab

Menunggu dan menunggu hingga saat itu tiba

Hati ini kan berkata ..

Hati ini Kan bicara ..

Dewi

(10-01-2009 by aghi)

Tak terasa waktu yang terlewati begitu cepat

Tak terasa jua hati ini menahan lara

Awal hingga kini terasa cepat

Waktu pun semakin erat berganti

Saat kukenal dirimu begitu angkuh

hingga tiba saat dimana hatimu luluh

Paras cantik bukan jaminan hati

Namun ketulusan hati mencerminkan keindahan

Kau duduk dikala itu bersamaku

mengolah kata seakan menarik suara

Bersanding berbicara hingga lelap

Bercerita semua tentang hati

Kau begitu berbeda saat itu

Hatimu bukan dewi yg ku kenal pertama

tapi hati mu benar-benar dewi yang kucari

hinga memberikan makna bahagia di hati ku

Malam itu saat malam pergantian tahun

Kau membawa suasana bahagia untuk ku

Segala sedih ku kau hapus dengan canda mu

Cerita mu membukakan hati mu yang lain

Sungguh kau yang selama ini ku tunggu

Menanti hingga kau kutemukan kembali

Bukan mimpi yang kini kudapati

Tapi Seorang Dewi Yang akan Ku jaga ..

Kan ku tunggu hingga hati mu kan kau buka untukku

Hingga saat itu tiba ku kan menunggumu

Dewi ..

Dewi ..

Esok Nanti

(10-01-2008 by aghi)

Tertunduk hati ini pada ketakutan

Memeluk rasa takut yang dalam

Membakar semangat yang hadir

Tertiup keberanian ini oleh angin

Waktu berjalan semakin cepat

Kesempatan datang hanya sekali

Tak ada tempat untuk berbagi

Hingga rasa sesal tiba menanti

Entah kapan hasrat merah itu kan tiba

Mengapa selalu luluh lantah tertiup takut

Tertutup enggan yang slalu membayangi

Sulit melepas belenggu yang terpaku

Mencoba mencari esok untuk menanti

Melewati pagi tanpa daya imaji

Hanya mampu berkata “Esok Nanti”

Waktu kan tiba tuk ungkapkan

Hanya hati kecil yang membara yang mampu berkata

“Mengapa harus esok nanti ?”

Raungan semangat pun mulai membara

Mulai melawan smua belenggu ketakutan

Esok Nanti ku akan ungkapkan semuanya

Kan ku ukir namaku dalam hatimu

Hingga kau kan memahat namamu dihatiku

Selamanya hingga waktu yang memisahkan ..

Mengapa

(10-01-2009 by aghi)

Mengapa kau lari dariku

Mengapa kau menghindar dariku

Apa kau takut akan diriki

Apa kau takut jika aku siakan mu

Ku takan mengecewakan mu

Ku berjanji kan menjagamu

Biarlah kau jadi tanggung jawabku

Aku kan setia menanti dan menjagamu

Penantian Panjang

(18 – 12 – 2008 by aghi)

Lelah hati ini menanti

Lelah hati ini menunggu

Mengapa waktu tak kian membantuku

Hanya memberi duka dihatiku

Kutermenung dalam senyum tangis

Menanti dan Menunggu dirimu

Bayang semu slalu hadir dibenakku

Tiap kali ku teringat padamu

Sulit bagiku melepas bayangmu

Hati ini terasa tergores saat tak ada dirimu

Hati ini tlah terpanah jiwa sepi diri

Dipenghujung penantian panjang ku menanti dirimu

Datang kembali padaku


Arti Hidup

(18 – 12 – 2008 by aghi)

Kubasuh wajahku saat kuterbangun

Mengawali indahnya hari

Meratap kuslalu kedepan

Melewati smua rintangan

Merindukan dan membayangkan

Meneteskan air mata saat kurindukan

Kadang pahit dan manis kurasakan

Namun semua itu hanyalah cobaan

Tegar dan terus tersenyum hadapi smua ini

Rindukan akan hadirnya dirimu

Tuk hiasi setiap hari hari indahku

Tak letih ku menanti Arti Kehidupan ini

Dimana Kau Kini

(18 – 12 – 2008 by aghi)

Seminggu sudah diri ini merindukan mu

hari hari kulalui tanpa adanya dirimu

Walau hanya bayang dirimu yang menemani

Namun sesak kurasa dengan semua ini

Dimana kau kini berada ??

Ku takut akan khilangan dirimu

Ku tak ingin kau pergi meninggalkan diriku

Biarkan sepatah kata ini mengalir mencarimu

Ku kan slalu berdoa untukmu

Selalu berharap kau kan hadir kembali padaku

Hiasi setiap aliran hidupku

Tuk menyusun Hari esok Dengan mu

Mencari dan mencari tak letih ku menanti

Menunggu hingga kau kembali

Meratapi kesunyianku dengan bayangmu

Mengikuti hingga kedalam imaji

Kutuangkan rasa rindu ku ini

Berharap kau terima pesan hati ku ini

Hingga mentari terbit dan terbenam

Ku kan slalu ada untukmu

Selamanya .. selamanya ..


Cinta & Persahabatan

( 03 – 12 – 2008 by dewi )

Suatu hari CINTA bertanya pada PERSAHABATAN,

“untuk apa kau ada, jika aku sudah ada ?”

Lalu PERSAHABATAN pun menjawab,

“untuk meletakan SENYUMAN disaat CINTA memberikan AIR MATA”


Rindu

( 01 – 12 – 2008 by aghi)

mengapa slalu ada rasa rindu dihati kita untuk seseorang yang kita harapkan

mengapa hanya rasa ingin menyapa yang slalu menutupi luka

ingin rasanya kudapat berteriak memintanya datang

melihat diriku yang dibalut luka kesedihan karena memikirkannya

rindu ini terasa menusuk dalam ke jiwa

menutupi semua aura yang kan tercipta

menetes melalui rongga sel darah yang mengalir

memicu cepat kejantung kita

memberi isyarat pada hati kita untuk selalu setia

menutupi rasa takut yang membelenggu raga

meresap jauh kedalam jiwa

menanti sebuah kepastian

 

Mata Hati Rasa

( 01 – 12 – 2008 by aghi)

Saat kita membuka mata

hanya awal hidup yg kita rasa

saat kita buka telapak tangan

ada garis kehidupan yg kita lihat

saat kita kehilangan seseorang

hanya sedih yg terasa

Namun saat kita merindukan seseorang

mengapa air mata bahagia yg selalu menetes

setiap hembusan nafas yang kuhirup

selalu ada bayangmu yang hinggap

mengetuk hatiku dan berkata

“aku merindukanmu saat ini”

terbayang slalu dirimu dalam anganku

hingga kuterbangun dari smua khayalku

meratapi ragaku yang penuh ragu

hingga ku bertanya ?? “kapan kau kan singgah ??”

Ryna

(15-11-2008 by aghi)

Kudengar Suara Hatimu bagai udara segar yg masuk kedalam rongga nafasku

mulai kuhembus aroma segar dihati yang membalut luka

seakan habis gelap terbitlah terang

dan malam telah berganti siang


walau hanya kudengar suaramu, namun detak jantungku serasa dekat menembus hatimu

mungkin ini hanya ilusi dan harap ku saja

namun ku berharap semua ini nyata dan tak hanya ilusi semata

semoga kudapat menemukannya


kan kubuat semua bunga harum mekar mewangi untuknya ..


Naila

(23 Oktober 2008 by aghi)

aq sayank km bukan karna paras cantikmu

namun aq sayank kamu karna keindahan hatimu

tiada bunga mekar seharum dirimu

hembusan angin selalu membawa harum cantik hatimu

kutulis sebait puisi rindu padamu

kan kulantunkan baris2 merdu untukmu

kau jauh namun tetap dekat dihatiku

semerbak cinta yg kau beri untukku

bunga mawar pun engga memberi wanginya

namun naila selalu memberi wangi yg menyejukan hati

hembusan nafasku selalu membayangkan dirimu

betapa tidak kau selalu ada dihatiku .. naila

Penantian Sebuah Harapan

(28 juni 2008 by aghi)

Tak ada kata serah tuk jiwa yang gundah

tak ada sedih tuk hati yang lirih

biarkan hati lepas mencari hakiki

karna cinta bukanlah dusta

jika sua menjadi jawabnya,

maka tak ada serah menyerah

Hilangkan logika

maka kau kan dapatkan jawabannya

yang kau cari ada di diri

kenali dirimu, kelak kau kan kenali kekasihmu

Ia dekat tapi kau enggan merapat

Ia hadir, tapi logikamu masih berfikir

Kepalamu takan pernah berlabuh

jika kau masih rapuh

Kuatkan Hati tuk taklukan hati

Ia Cinta, tapi kau buta

Ia rindu, tapi kau ragu

Cinta tak kenal logika

Jarak tak semestinya tampak

Kau dibelenggu waktu

Maka kau Terpenjara dengan logika hampa

Kuharap Engkau Mengerti

(16-08-2008 by tifent)

aku lelah dengan semua ini

sembunyi dan terus sembunyi

terlalu sakit untuk terus berbohong

terlalu letih untuk tak terungkap

aku dan kau berjalan diantara ini semua

maaf aku hampir tidak kuat dengan ini semua

aku ingin bertahan

tapi semangat ini sudah arang

ku coba untuk berkata dengan yang lain

tapi tak ada yang menerima sengan senag hati

ku coba untuk pendam sendiri tapi sakit untuk dilalui

berikan satu pengertian untuk ku

bukan satu rasa

tapi satu kesabaran

aku sudah mencoba

tapi tetep tak ada

kuharap engkau mengerti


Ego

(25-09-2008 by dinary)

Kekerasan otak dalam pikiran

membekukan kebajikan,menghanguskan kebaikan

dan melahirkan kekejiand.


Amarah berliku seperti mencari ketenangan.

Tak satupun angin menghembuskan amarah.

Tak satu pun air yg menetes menghanguskan amrah yg sprti api.

Wulan

(08 Maret 2011 by aghi)

Saat pertama melihatmu

Terpancar pesona dalam dirimu

Tak kuasa ku menahan semua itu

Rasa yang ada dalam hatiku

Ku coba untuk mendekatimu

Dan ku coba menggapai isi hatimu

Namun ku harus tetap menunggu

Hingga waktu itu tiba untuku

Mungkinkah ini semua

Yang tercipta untuk diriku

Mungkinkah dirimu yang aku tunggu

Dan ku berharap dan ku berdoa

Bila dirimu menjadi bagian hidupku

Penantian Ku

(29 maret 2011 by aghi)

Malam yang hening dihiasi indahnya rembulan

Angin sejuk meresapi kedalam rongga jendela

Kesepian yang tak pernah terisi

Kesepian yang selalu menemani


 

Hingga engkau datang menemani setiap malamku

Meski hanya lewat sebuah pesan

Membuatku selalu tersenyum

Melupakan semua kesepian


 

Ku menunggu angin malam menyampaikan pesan untuku

Hingga membuatku bangkit dan slalu semangat

Hadirnya dirimu dalam hidupku

Sungguh membawa kedewasaan dan harapan


 

Malam dan kesepian kini terkikiskan

Senyum dan bahagia kan slalu menghampiri

Menunggu dan menanti saat itu tiba

Ku kan membawamu kedalam hidupku


 

Hanya dirimu dengan harapanku

Hanya dirimu dengan hatiku

Hanya dirimu dengan Cintaku

Dengan Penantianku

Serpihan Hati Satu Untuk Selamanya
(2 april 2011 by aghi)

Lempengan hati yang terurai
Telah bercecer dan terpisah
Sulit tuk Memilah mana yang sesuai
Karena telah bercecer berantakan

Hembusan angin membuatnya beterbangan
Hingga sulit tuk menyatukan nya
Jaring pun disiapkan tuk menangkapnya
Hingga tak mampu lepas sejauh angin pergi

Tak lelah tangan ini mengumpulkannya
Tak sedikit pula keringat yang menetes
Namun semua tak ada bandingan nya
Dengan seluruh isi yang ada didalam nya

Hati yang pecah dan berceceran
Mulai kembali bersatu dan tetata rapih
Hingga dapat melanjutkan kembali rasa itu
Rasa yang sudah ada didalam nya

Hanya satu tujuan yang dituju
Hanya satu hati yang kan diberi
Hanya untuk dirimu dan hanya padamu
kan kupenuhi tanggung jawabku

satu untuk selamanya


Komentar»

1. naila - 26 Oktober 2008

yank…….
bagus banget puisinya?
gw suka banget!

2. aGHi 182 - 26 Oktober 2008

@naila
makasih jg say ..
smoga ja km ska ma puisinya ..
ntar klo ksini ksh kbr yach ..
mau dbuatin puisi lg ga say ??

3. aGHi n NaiLa - 28 Oktober 2008

sayank ..
naila sayank aghi ..

4. nuna - 3 Desember 2008

bagus. bagus .

mau dongs aku juga dibuatin !

@nuna
hmmm makasih dah mampir di rumah ku yang sederhana ini ..
blh jg ntar dibuatin ..
sering2 maen ksini yuv ..
kasih tau juga tmn2 nya ..

5. just indah - 7 Januari 2009

nice poem :)

@Indah
Thx yuv ..
akhir2 ini aghi lom nambah koleksi Puisi lagi neh ..
Padahal dah kangen ma puisi2 ..

6. al muhalla amarta - 21 Februari 2009

MENGERTI CINTAKU

cintaku tak ingin seperti api
membara berkobar penuh semangat
dan bila berlebihan akan menyakitimu
melukai diriku

cintaku ini tak ingin seperti air
mengalir deras menghanyutkanmu
menenggelamkanmu dalam palung terdalam
membuatmu dingin beku, panas mendidih

cintaku ini tak ingin seperti bumi
hanya kau injak tanpa peduli
menempatkanku tanpa harga diri

cintaku ini tak ingin seperti langit
terlalu tinggi untuk kau gapai
membuatmu laksana kerdil

citaku ini ingin seperti udara
menyejukkanmu walau kadang marah
membelaimu walau kadang menampar
selalu disampingmu
walau kadang tak kau sadari
melindungimu dan kau butuhkan
membutuhkanmu untuk memurnikanku
selalu…

7. aGHi 182 - 22 Februari 2009

wah thx bgt yuv sumbangan PUISI nya ..
keren bgt bro ..
keep posting your poem ok ..

8. al muhalla amarta - 23 Februari 2009

——–TAK MAMPU——–
aku tahu…
saat kau kesepian..
namuan ku tak mampu berbuat
ku tak berani menemani..
ku tak bernyali..
aku tahu saat dirimu buruh perhatian
namun ku tak berani menemani..
ku tak mampu mengumpulkan nyaliku..
aku pun juga tahu…
saat dikau sedih dan menangis..
namun sekali lagi…
kembali aku tak mampu..
tak berani menemani..
ku butuh nyali..
hanya untuk menemani..
mendengarkan..
dan memberi sedikit senyuman…
—-untuk kalian bertiga—-
———–disana———–

9. elindasari - 25 Februari 2009

WOW…puisinya keren-keren oi, Luar Biasa, kata-katanya semua bermakna dalam, wah-wah bisa dijadikan syair lagu nich aghi :) :) :)
Best regard,
Bintang

aGHi 182 - 17 September 2013

wah tante ini bisa aja muji nya .. puisi nya biasa aja koq .. hehe .. tp ada beberapa yg udah dijadiin lagu juga .. hehehe

10. amik - 18 Maret 2009

waH puIsiNya keRen-keRen banget biKin yaNg baNyak lagi pasTi yaNg buAt oRanGnyA CUANTIk……..BaNgeT

aGHi 182 - 17 September 2013

haha makasih ya .. tp ane bukan cwe .. ane cwo .. hehehe

11. ometania - 29 Maret 2009

woooow puisinya keren ……………
yg baca nie tolong buatin puisi tntank kebencin seseorang buat mantannya donk …….
trimsssssssssss ………..

aGHi 182 - 17 September 2013

Lelahku Bukan Lelahmu

Lelahku tak menghentikan perbuatanmu
Inginku tak selalu menjadi inginmu
Keringat ini telah lelah untukmu
Karna hatimu tak selalu untukku

Beribu kata telah kuberikan padamu
Namun Ucapmu tak selalu menyirat snyumku
Hanya letih yang kurasa saat bersamamu
Karna kau tak pernah menghargaiku

Waktuku telah banyak terbuang untukmu
Berharap beberapa titisan dapat merubahmu
Namun tak sedikitpun menyentuh pikiranmu
Hanya membuatmu semakin Berapi dimataku

12. kumpulan cerpen winterwing - 22 Maret 2013

wah, puisi kamu ini bisa dibikin posting. satu puisi satu posting. jadi nanti banyak posting. jadi bisa update terus.

aGHi 182 - 17 September 2013

iya makasih .. udah dibuat blog yg 1 puisi 1 posting, tp ga di buat di WP .. tapi bagus juga masukan nya .. makasih ya

cerpen winterwing - 19 September 2013

sama-sama. puisi bisa dibikin lagu lo. tambahi aransemen bisa rekaman deh. bisa terkenal. jadi artis. kaya.

aGHi 182 - 8 Oktober 2013

hehe iya gan bisa, tapi ga semudah membalikan telapak tangan juga .. hehehe .. udah ada yg beberapa jadi lagu, tapi mungkin ga enak aj kali ya gan lagu nya , jadi ga ada yg suka .. hehehe


Silahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.211 pengikut lainnya.