jump to navigation

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset 25 Oktober 2011

Posted by www.dizlees.com in aGHi_sPyWaRe, ANDROID, LINUX, Tips.
Tags: ,
trackback

Membackup dan Merestore Data Android Sebelum dan Sesudah Factory Reset

Anda tahu hard reset / factory reset ? Bagi yang belum tahu, hard / factory reset merupakan metode penghapusan data pengguna dan mengembalikan gadget seperti saat di keluarkan dari pabrik. Bagaimana jika anda ingin melakukan factory reset pada smartphone android tanpa kehilangan data? Jika itu yang anda ingin kan, berikut ini saya berikan solusinya.

Pertama – tama kita harus tahu dulu data apa saja yang di hapus oleh metode ini, yang di hapus antara lain: SMS, Contact, Call Log, dan Aplikasi yang bukan bawaan pabrik. Setelah mengetahui data apa saja yang akan hilang baru kita mengatur strategi penyelamatan data. Berikut langkah – langkahnya.

Membackup SMS, Contact, dan Catatan Panggilan Android

Untuk membackup SMS, Contact dan, Call Log saya memilih menggunakan Mobile Back Up II yang tersedia gratis di android market. Jika anda belum menginstall aplikasi ini silahkan buka aplikasi market lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Mobile Back Up II“, kemudian pilih install dan tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.

Jika proses instalasi telah selesai, buka aplikasi yang baru kita install tadi kemudian pilih data apa yang ingin anda backup dan tunggu hingga selesai satu persatu.

backup sms, contact, call log androidbackup calender sms, contact,dan call log android

 

Membackup aplikasi android

Selanjutnya kita akan membackup aplikasi pada ponsel android kita dengan Estrongs File Explorer. Estrongs File Explorer saya pilih karena selain mampu membackup aplikasi yang terinstall juga memiliki kemampuan untuk menginstall aplikasi dari SD card, selain itu aplikasi ini juga mampu untuk mengakses FTP dan jaringan LAN.

Setelah di install (gunakan android market untuk menginstall), jalankan aplikasi ini. Pada sudut kanan pastikan bahwa local telah terpilih, kemudian tekan tombol menu, lalu pilih manager dan pilih App Manager. Selanjutnya akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang terinstall di android anda.  gunakan fungsi multi select dengan menyentuh icon yang terletak di sebelah icon rumah. Dengan fungsi ini anda dapat memilih aplikasi atau beberapa aplikasi sekaligus, jika aplikasi yang ingin anda backup telah terpilih tekan tombol menu lalu pilih backup. proses backup akan tampil pada area notifikasi (bagian atas layar) dan tunggu hingga selesai.

Backup aplikasi android dengan EStrongs File Manager

 

Melakukan Factory Reset

Sekarang bagian menegangkan (lebai mode on), melakukan factory reset. Ada beberapa cara untuk melakukannya yang pertama dengan menekan kombinasi tombol tertentu di saat android booting (awal dihidupkan) namun kombinasi tombol bervariasi antar produsen jadi saya pilih cara yang kedua  yaitu dengan menggunakan menu yang terdapat di aplikasi setting android yang pasti sama di setiap android.

Untuk melakukannya pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi setting , jika sudah pilih privacy lalu pilih Factory data reset. Selanjutnya anda akan diminta konfirmasi dan setelah anda memberi konfirmasi otomatis android akan melakukan restart lalu masuk keproses reset. Lama proses tergantung dari berapa banyak data yang dihapus, pada ponsel saya memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah proses selesai secara otomatis android akan melakukan restart dan masuk ke sistem seperti biasa.

Merestore aplikasi pada android

Jika proses di atas berjalan lancar, sekarang saatnya kita mengembalikan data-data kita, dimulai dengan aplikasi. Pertama-tama kita install lagi Estrongs File Explorer dengan mendownload dari market. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut kemudian buka /sdcard/backups/apps/ di sanalah semua file backup aplikasi kita disimpan secara default. Pilih aplikasi yang ingin anda instal kembali satu persatu.

Merestore SMS,Contact, dan Call Log pada android

Sekarang saatnya kita mengembalikan semua data sms, contact dan catatan panggilan ke android kesayangan kita. Pertama-tama anda harus menginstall kembali Mobile Backup II pada langkah restore aplikasi diatas. Jika sudah buka aplikasi ini lalu buka tab restore selanjutnya pilih data yang akan direstore kembali ke andorid anda. Prosesnya sama dengan saat kita membackup. Jika sudah selesailah sudah tugas kita.

Kesimpulan

Factory Reset berguna saat kita ingin mejual kembali android kita dan ingin membersihkan seluruh data pribadi kita, namun bisa juga kita gunakan ketika android kita mulai terasa lambat layaknya install ulang windows. Jika kita menggunakannya untuk tujuan yang kedua, langkah diatas akan membantu anda mencegah kehilangan data saat factory reset.

 

Source : http://berkomputer.com/tutorial/android/membackup-dan-merestore-data-android-sebelum-dan-sesudah-factory-reset/

Komentar»

1. rara - 20 Maret 2012

aq dah coba, mantab c.. cuma tinggal contact az ni yg msh berputar2.. hehehehe… tp tetep semangat…….

Suka

aGHi 182 - 23 April 2012

ayo gan kembangin lagi biar lebih seru .. hehehe

Suka

2. Ari - 20 Juni 2012

gan aman ga nih
saya mu factory reset krena suka bootloop

Suka

aGHi 182 - 9 Juli 2012

iya backup dlu gan, bisa pake titanium backup .. ane dah sering nyoba

Suka

3. Tjhin - 23 Juli 2012

Saya mau tanya restore data + app di titanium backup apakah sama dengan restore data di CWM ? Restore data ini udah termasuk Sms kan ?

Suka

aGHi 182 - 8 Oktober 2013

iya gan udah termasuk gan

Suka

4. ahts - 16 November 2013

kalo folder backupsnya ke hapus gimana?

Suka

www.dizlees.com - 29 Maret 2015

Coba di restore pke aplikasi recovery gan

Suka

5. aemar - 2 Februari 2014

Bawaan pabrik yang hilang bisa kembali lah. Bila kita factory reset

Suka

www.dizlees.com - 29 Maret 2015

Klo bawaan pabrik itu klo hard reset bisa, atau backup via recovery

Suka

6. trianita Rumbobiar - 29 Juli 2014

terimakasih atas infonya.!!

Suka

www.dizlees.com - 29 Maret 2015

Ok siap gan sama2

Suka

7. rino - 24 November 2014

maaf mau nanya, aplikasi pengaturan saya hilang, gmn cara mengembalikannya, kan klo gaada pengaturan susah mau bluetooth apa aja,

Suka

www.dizlees.com - 29 Maret 2015

Pengaturan nya hilang awalnya knp gan ?

Suka

8. dedi - 8 Maret 2015

kok gak mau gan?

Suka

www.dizlees.com - 29 Maret 2015

Pake titanium backup gan harus root dlu gan

Suka

9. andre - 9 April 2015

agan,,,
mau tanya. saya mau factory data reset… apakah aplikasi bawaan juga hilang atau bagaimana? makasih

Suka

www.dizlees.com - 9 April 2015

Klo aplikasi bawaan ga hilang gan, yg hilang aplikasi tambahan yg kita install dr playstore

Suka

10. missluck - 16 April 2015

low factory reset perlu waktu lama g??
q coba tp kok smp 10 mnt lebih.
krn kelamaan q coba lg dah.
pa gpp low q ulang lg factory reset’a??

Suka

www.dizlees.com - 17 April 2015

Ngga gan ga sampe 10 menit, sekitar 5-7 menit gan .. Coba factory reset via recover

Suka

11. daffa - 24 April 2015

kalo abis hard reset cara ngembaliin sms lama nya gimana gan ?

Suka

12. May - 8 Mei 2015

saya habis instal ulang Samsung ace 3 karena hard bootloop. datanya hilang semua. kontak. pesan. chat2. bisa diambil kembali? dengan aplikasi apa?

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

klo data nya di sdcard coba pakai recuva

Suka

13. wuryani - 16 Mei 2015

eh mau tanya kalau direset trus bbmnya didownload lagi apa uda gak pending..masalahnya bbm saya pending trus2an..

makasih

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

coba gan logout accoun google nya trus relogin lagi baru buka lagi bbm nya

Suka

14. all - 20 Mei 2015

Gan,d menu hp saya gak da berkas data nya,seperti terhapus data nya,karna saya masukan sd card tetap tidak ada,stelah tu saya coba mndownload apps dan hp ridak mnerima nya dan saya reboot tapi tetap tidak ada… Bagaimana cara nya agar pulih kembali

Suka

15. sulis - 21 Juni 2015

Assalamualaikum,

Saya sdh ikuti petunjuknya… dan saya cek kembali data2 yg ada di memory card dan saya pastikan backup contact, sms, dll ada..lalu saya reset setelah itu pada saat saya merestore tidak bisa…backup saya hilang semua.

Mohon bantuannya…thanks

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

waalaikumsalam gan, apabila agan udah di root ane sarankan pake titanium backup gan, semua apk plus data nya ke backup

Suka

16. ansamth@gmail.com - 3 Juli 2015

Bro itu pakai es explorer yang terbackup apknya atau sama datanya

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

pake titanium backup udah semua apk sama data

Suka

17. amin - 17 Agustus 2015

gan, klo android nya blum d root bsa ngga’ backup data?

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

klo hp keluaran skrg dia udh ada backup nya, tp kayanya data nya ga ke backup lengkap kaya titanium

Suka

18. hendra kaban (@hendra_kaban) - 29 September 2015

maaf gan saya sudah terlanjur melakukan factrory reset tanpa melakukan backup, apakah bisa data yang sudah terlanjur di reset dapat dikembalikan…saya cm mau beberapa sms penting saya kembali. terima kasih

Suka

www.dizlees.com - 30 September 2015

klo untuk factory reset, ga bisa kembali gan klo belum di backup,

Suka


Silahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: